3 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia yang Tercatat dalam Sejarah
Ilustrasi gedung runtuh akibat gempa (Unsplash/Yves Moret)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – Terdapat beberapa gempa bumi terdahsyat di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Gejala alam tersebut sebenarnya merupakan aktifitas alami bumi, namun tidak jarang menimbulkan berbagai kerusakan dan korban jiwa.

Dirangkum dari History, berikut ini beberapa gempa bumi paling mematikan yang terekam selama hampir 500 tahun.

1.     Gempa Jiajing China

Pada tanggal 23 Januari 1556 gempa hebat mengguncang Provinsi Shaanxi dan Shanxi di China. Tercatat sekitar 830.000 tewas dalam gempa tersebut. Disebut Gempa Besar Jiajing karena pada waktu itu pemerintahan dipimpin oleh Kaisar Jiajing dari Dinasti Ming.

Gempa Jiajing dan Ajaran Qin Keda

Sejarah mencatat, gempa digambarkan dengan gunung yang rata, banjir, kebakaran yang terjadi selama berhari-hari, dan lanskap bumi yang berubah secara drastis.

Akibat gempa tersebut, diperkirakan beberapa kabupaten telah kehilangan sekitar 60 persen dari populasi penduduknya. Setelah pengembangan skala Richter pada tahun 1930-an, para ilmuwan berteori jika gempa Shaanxi berkekuatan antara 8,0 hingga 8,3 SR.

Qin Keda adalah intelektual China yang selamat dari gempa dan menulis catatan penting. Dirinya memberikan tips keselamatan agar selamat dari gempa dahsyat.

“Pada awal gempa, orang yang berada di dalam ruangan tidak boleh segera keluar. Berjongkoklah dan tunggu peluang.”

Qin Keda memberikan analogi gempa dengan robohnya sarang burung yang ada di pohon. ”Bahkan jika sarangnya roboh, beberapa telur di dalamnya mungkin masih tetap utuh.”

Menariknya, saran dari Qin Keda yang dikemukakannya lebih dari 400 tahun lalu masih sangat efektif diterapkan di zaman sekarang.

2.     Gempa Samudra Hindia 2004

Tentu masih kuat dalam ingatan kita peristiwa Gempa dan Tsunami tahun 2004 silam yang terjadi di Aceh dan juga wilayah lainnya di Samudra Hindia. Gempa Samudra Hindia tersebut, karena banyaknya korban jiwa yang ditimbulkan, menjadi salah satu paling terdahsyat dan mematikan.

Gempa tersebut menewaskan sekitar 230.000 orang dari seluruh dunia di antaranya Indonesia, Thailand, Sri Lanka, dan India. Guncangan gempa tersebut tergolong besar yaitu berskala 9,1 hingga 9,3 SR.

3.     Gempa Valdivia

Kemudian gempa paling terkuat lainnya adalah Gempa Valdivia yang memiliki kekuatan 9,5 SR. Gempa tersebut melanda Chili pada tahun 1960 dan menurut Survei Geologi AS (USGS) gempa mengakibatkan gelombang tsunami.

Gempa Valdivia adalah salah satu gempa bumi terdahsyat yang menciptakan tsunami dan menewaskan sekitar 5.700 orang. Beberapa wilayah yang terdampak tsunami di antaranya Chili selatan, Jepang, Filipina, Hawaii, Australia tenggara Selandia Baru timur, dan Kepulauan Aleut di Alaska.

Selain gempa bumi terdahsyat di dunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!