Menikah 23 Tahun, Mantan Drumer Dewa 19 Wawan Juniarso Digugat Cerai
Wawan Juniarso (Instagram @wa2n_juniarso)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – Nama Wawan Juniarso mungkin asing bagi anak muda sekarang. Namun dirinya merupakan mantan drumer band Dewa 19 yang tenar pada masanya.

Lama tidak muncul di pemberitaan, Wawan Juniarso kembali viral lantaran digugat cerak Inge Indrawati istrinya yang telah dinikahinya selama 23 tahun.

Di luar urusan rumah tangga Wawan Juniarso, melalui artikel ini mari kita bahas perjalanan karir salah satu pendiri Dewa 19 tersebut.

Dewa, Huruf “W” adalah Akronim dari nama Wawan

Bersama Dhani, Erwin, dan Andra, Wawan pada tahun 1986 membentuk Dewa 19. Perlu diketahui huruf “W” pada “Dewa” adalah akronim dari nama Wawan.

Di awal karir Dewa, rumah Wawan dulunya kerap dijadikan basecamp oleh para personel Dewa 19. Wawan juga yang merekomendasikan Ari Lasso menjadi vokalis di band tersebut.

Kemudian pada tahun 1988, Wawan memutuskan keluar dari Dewa 19 dan memilih bergabung dengan band Outsider. Hal tersebut dilatarbelakangi perbedaan arah musik pada diri personel Dewa 19.

Diketahui, Wawan adalah penyuka genre musik rock, sementara itu Dewa 19 yang berakar dari pop mulai berubah menjadi jazz atas pengaruh Erwin.

 

Meski sudah keluar, namun Wawan kembali dipanggil guna menghidupkan Dewa 19—dengan mengajak Ari Lasso. Kembalinya Wawan membuat Dewa 19 tidak terjerat pada satu jenis musik.

Dewa 19 telah mengombinaskian beberapa aliran musik di antaranya pop, rock, dan jazz ke dalam satu warna baru.

Kemudian pada tahun 1992, Dewa 19 meluncurkan album pertamanya yang bertajuk self-titled. Namun di luar dugaan, single berjudul ‘Kangen’ dan ‘Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi’ meledak dan laris di pasaran.

Dalam album perdana Dewa 19, Wawan turut menciptakan lagu ‘Dewa & Si Mata Uang’ bersama Dhani dan Erwin. Lagu tersebut adalah satu-satunya yang diciptakan Wawan bersama Dewa 19.

Selang dua tahun kemudian, di tengah penggarapan album kedua mereka (Format Masa Depan) Wawan hengkang. Posisi Wawan kemudian diganti oleh dua additional; Ronald Fristianto (drum) dan Rere Reza (Grassrock).

Berdasarkan penelurusan terkini, Wawan diketahui menjalani profesi di belakang layar. Dirinya sempat menjadi manager grup musik Netral, The Fly, penyanyi cilik Tegar, Indah Kusuma, dan banyak artis lainnya.

Bahkan Wawan bersama Alfas Hermansyah (orang yang menemukan Tegar), sempat mendirikan PT Negri Diawan yang merupakan label musih dan manajemen artis.

Akan tetapi, pandemi COVID-19 membuat kondisi perekonomian Wawan dihantam. Hal tersebut kabarnya yang menjadi faktor penyebab dirinya digugat cerai oleh istrinya.

Selain kabar mengenai mantan drumer Dewa 19 Wawan Juniarso, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!