Hati-Hati Sebar Hoaks Penyebab Kematian Ustaz Maaher dapat Dijerat Pidana
Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata (Foto- @ustadzmaheer_)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – Sebab kematian Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata masih menjadi tanda tanya, meskipun Polri menegaskan Ustaz Maaher menderita penyakit tertentu.

Polisi tidak dapat membeberkan penyakit jenis apa yang diderita Ustaz Maaher, dengan alasan apabila dijelaskan dan masyarakat mengetahuinya maka dapat merusak reputasi Ustaz Maaher.

Polri Menegaskan Ustaz Maaher Meninggal karena Sakit

Polri mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan kabar yang beredar. Sebab, kabar-kabar tersebut, menurut Polri tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Mengenai meninggalnya yang bersangkutan sudah di jelaskan pihak kepolsian bahwa yang bersangkutan meninggal karena sakit," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa, 9 Februari.

Masyarakat juga diimbau agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak bertanggungjawab. Apabila ragu, maka dapat bertanya kepada pihak yang berkompeten.

Selain itu, masyarakat diminta agar tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang tidak berdasar. Sebab, nantinya apabila terjadi penyebaran informasi bohong atau hoaks dapat berujung dengan sanksi pidana.

"Dan jangan menyebarkan berita bohong, karena merupakan tindak pidana," tegas Rusdi.

Sebelumnya beredar informasi yang menjelaskan penyebab kematian Maaher lantaran disiksa di rumah tahanan Polri hingga menderita sakit kulit parah. Dijelaskan jika Ustaz Maaher dilarikan ke Rumah Sakit Polri, namun kemudian dipulangkan kembali ke rumah tahanan meskipun kondisinya belum sembuh.

Informasi yang diunggah oleh Ade Armando melalui akun twitternya, @Adearmando1, pada Senin, 8 Februari tersebut menjadi ramai diperbincangkan.

Ade menautkan informasi dengan akun yang pertama menyebar yaitu Pribumi Bangkit. Dosen Komunikasi Universitas Indonesia (UI) tersebut menjelaskan jika informasi yang beredar adalah bohong.

"Saya justru dapat kabar bahwa dia meninggal akibat penyakit yang belum bisa saya sebut namanya karena bila ternyata benar akan menjatuhkan nama Maher. Perlu buka-bukaan?" beber Ade Armando.

Selain misteri penyebab kematian Ustaz Maaher, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!