Tips Wisata ke Korea Selatan, 5 Persiapan Agar Perjalanan Lebih Efektif
Istana Gyeongbokgung sebagai salah satu destinasi wisata di Korea Selatan (Instagram @ktoid)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena hallyu atau mendunianya budaya Korea Selatan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama kaum mudanya. Melalui K-Pop dan K-Drama, banyak anak muda yang ingin mengenal kebudayaan Korea Selatan lebih utuh.

Berwisata langsung ke Korea Selatan adalah cara termudah untuk mengenal lebih jauh sekaligus merasakan secara langsung kebudayaan Korea Selatan. Namun, tujuan yang ingin dicapai dalan perjalanan wisata ke Korea Selatan bisa hancur berantakan jika tidak melakukan persiapan yang matang.

Berikut 4 tips yang wajib dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berwisata ke Korea Selatan.

1.Tentukan Gaya Wisata

Ada dua jenis gaya wisata yang dapat dipilih, yaitu themed travel (wisata bertema) dan regional travel (wisata regional). Pemilihan gaya ini ditujukan agar perjalanan wisata di Korea Selatan lebih efisien.

Themed travel merupakan wisata yang disesuaikan dengan tema yang dipilih. Ada beberapa tema yang dapat dipilih, diantaranya tema hallyu, tema sejarah, tema musim (semi, panas, gugur, dingin) dan banyak tema lainnya.

Sementara regional travel merupakan wisata yang disesuaikan dengan wilayah yang ingin dikunjungi. Terdapat 11 region yang dapat dipilih, yaitu Seoul, Incheon dan Gyeonggi, Busan, Pulau Jeju, Gangwon, Daegu dan Gyeongsang Utara, Ulsan dan Gyeonggi Selatan, Jeolla Utara, Gwangju dan Jeolla Selatan, Chungcheong Utara serta Daejeon dan Chungcheong Selatan.

2.Cari Tahu Hal-hal Kecil Mengenai Korea Selatan

Dengan kebudayaan yang berbeda, tentu kebiasaan, pola hidup hingga peraturan yang berlaku di Korea Selatan berbeda dengan Indonesia. Akan sangat merepotkan ketika harus bermasalah karena kesalahan kecil saat sedang liburan.

Cara memanggil seseorang dan memberi salam adalah contoh hal kecil yang dapat dipelajari agar tidak secara tidak sengaja menyinggung penduduk lokal.

3.Pelajari Transportasi Umum dan Geografis Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan sendiri mendukung pariwisata dengan menyediakan bus khusus untuk wisatawan, namun ada kalanya bus tersebut tidak dapat memfasilitasi tujuan yang diinginkan, sehingga transportasi umum harus dipilih.

Dengan mengetahui transportasi umum beserta rutenya, pemilihan tempat menginap dan destinasi wisata yang lebih dulu ingin dikunjungi menjadi semakin mudah.

Sementara itu, pengetahuan akan geografi Korea Selatan akan membantu dalam menyusun destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Jangan sampai perjalanan dari satu destinasi ke destinasi lain membuat perjalanan menjadi lebih lama dari waktu kunjungan di suatu destinasi wisata.

4.Pelajari Hangul dan Bahasa Korea Dasar

Pengenalan akan hangul (aksara Korea) dan bahasa Korea akan sangat membantu saat berwisata di Korea Selatan. Pasalnya, sebagian besar tulisan yang ada menggunakan hangul tanpa pelengkap huruf latin.

5.Kunjungi Situs Resmi yang Disediakan Pemerintah Korea Selatan

Dengan banyaknya informasi, beaar kemungkinan terjadi misinformasi dan misinterpretasi. Oleh sebab itu menjadi sangat bijak untuk melihat situs resmi mengenai pariwisata negeri ginseng yang telah disediakan pemerintah Korea Selatan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dalam visitkorea.or.id.