Waspada Ya! BMKG Bilang Cuaca di Beberapa Wilayah Indonesia Akan Hujan Lebat, Jakarta Hujan Ringan
Cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi BMKG akan hujan lebat, sedangkan Jakarta hujan ringan. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca. Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Minggu 8 Agustus.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Jumat, disampaikan potensi hujan sedang hingga lebat diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat.

BMKG menyampaikan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau di perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu.

Penampakan citra satelit untuk prakiraan cuaca wilayah Sumatera. (Twitter @BMKG)
Penampakan citra satelit untuk prakiraan cuaca wilayah Sumatera. (Twitter @BMKG)

Daerah sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina. Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Sumatera Utara, di Bengkulu, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Jawa Tengah bagian barat hingga Banten, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan memanjang di Papua bagian tengah.

BMKG menyampaikan kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Jakarta Hujan Ringan

Sementara itu   BMKG memprakirakan sebagian wilayah di DKI Jakarta hujan dengan intensitas ringan hari ini. Dalam laman resminya, di Jakarta, wilayah yang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan tersebut adalah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang hari.

Sementara untuk empat wilayah lainnya seperti Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu diprakirakan cerah berawan.

BMKG juga memprakirakan cuaca berawan terjadi di seluruh wilayah Jakarta pada pagi harinya dengan suhu udara berkisar 25 hingga 34 derajat celsius.

Untuk wilayah Jakarta diperkirakan hujan ringan.(Foto Antara)
Untuk wilayah Jakarta diperkirakan hujan ringan.(Foto Antara)

Untuk malam hari, BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan di empat wilayah yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Sedangkan dua wilayah lainnya yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Barat berawan pada malam hari dengan kelembaban udara berkisar 55 hingga 85 persen.

Demikianlah prakiraan cuaca dari BMKG untuk hari ini. Semoga bisa menjadi panduan untuk Anda semua.