Hati-hati! Prakiraan Cuaca BMKG Sejumlah Wilayah Indonesia Akan Hujan, Jakarta Cerah Berawan
Prakiraan cuaa dari BMKG Jakarta akan cerah berawan dan berpotensi hujan. (Twitter @BMKG)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum Anda melakukan aktivitas hari ini ada baiknya menyimak prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlaku untuk hari ini 1 Agustus.  Sejumlah wilayah di Indonesia diprakirakan akan hujan yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Wilayah yang akan terjadi hujan antara lain di Wilayah Sumatera yang meliputi Daerah Istimewah Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Sedangkan di Pulau Jawa daerah Banten dan Jawa Timur juga akan hujan. 

Di Pulau Kalimantan yang jug akan hujan kemungkinan terjadi di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Di Pulaui Sulawesi akan terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat. Wilayah Papua juga diprakirakan akan terjadi hujan.

Inilah prakiraan cuaca untuk kota besar di Indonesia. (Twitter @BMKG)
Inilah prakiraan cuaca untuk kota besar di Indonesia. (Twitter @BMKG)

Sedangkan untuk daerah yang akan terjadi hujan dan petir akan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Bengkulu DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat. Demikian dikutip dari laman resmi BMKG.

Jakarta Hujan 

Sementara itu BMKG meminta warga khususnya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang.

BMKG melalui laman resmi di Jakarta, Minggu menjelaskan potensi hujan petir dan angin kencang diperkirakan terjadi pada sore dan malam hari di dua wilayah itu. Demikian dilansir Antara.

Jakarta diprakirakan cerah berawan hingga hujan. (Dok Antara)
Jakarta diprakirakan cerah berawan hingga hujan. (Dok Antara)

Cuaca di Jakarta pada Minggu pagi sebagian besar diperkirakan cerah berawan, kecuali wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang diperkirakan berawan. Pada siang hari, Jakarta Barat, Jakarta Pusat diperkirakan berawan dan Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara diperkirakan cerah berawan.

Sedangkan di Jakarta Selatan dan Timur diperkirakan turun hujan ringan dari siang hingga malam hari. Jakarta Barat dan Jakarta Pusat juga diperkirakan turun hujan ringan pada malam hari, sedangkan Kepulauan Seribu dan Jakarta Pusat diperkirakan berawan.

Memasuki dini hari, sebagian besar wilayah di DKI diperkirakan berawan, kecuali di Jakarta Pusat yang diperkirakan cerah berawan dan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan ringan.

Sementara itu, suhu udara di wilayah DKI Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga maksimum 34 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban berada pada kisaran 60 hingga 90 derajat Celcius.

Demikian prakiraan cuaca dari BMKG semoga bisa menjadi pantuan untuk Anda.