PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Dapat Pinjaman Rp840 Miliar dari Bank DBS
Infrastruktur PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (chandra-asri.com)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk merupakan perusahaan milik konglomerat Prajogo Pangestu yang baru-baru ini mendapatkan pinjaman dari Bank DBS sebesar USD60 juta atau setara dengan Rp840 miliar (kurs Rp14.000 per dolar AS).

Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra menjelaskan jika fasilitas pinjaman diberikan untuk mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor produk petrokimia Indonesia.

Bank DBS dan PT Chandra Asri akan Jalin Kemitraan Jangka Panjang

"Rekam jejak Bank DBS yang baik dalam memahami kebutuhan klien, menjalankan struktur yang kompleks, dikombinasikan dengan fokus mereka pada kemitraan jangka panjang telah dan terus menjadi elemen kunci dari kekuatan mereka,” terang Erwin melalui keterangan tertulis, Minggu 21 Februari.

Erwin menjelaskan jika pihak perusahaan senang dapat bermitra dengan Bank DBS yang mendukung rencana strategis memicu pertumbuhan ekspor produk petrokimia.

Perlu diketahui, perusahaan dengan kode emiten saham TPIA tersebut telah menyelesaikan pembangunan pabrik Butene 1 dan Methyl Tert-Butyl Ether (MTBE) pertama kali di Indonesia pada pertengahan tahun 2020 silam.

Pembangunan pabrik tersebut sejalan dengan rencana perusahaan untuk mengintegrasikan secara vertikal, mendukung konsumsi domestik, dan meningkatkan ekspor monomer dan polimer guna meningkatkan neraca ekonomi negara.

Diketahui, Bank DBS sendiri sudah memberikan fasilitas kepada Chandra Asri sebagai nasabah korporat sejak tahun 2005. Beberapa layanan perbankan yang diperoleh TPIA di antaranya digital banking, cash management, fasilitas perdagangan, treasury, dan debt capital market.

Selain itu, TPIA juga mendapatkan fasilitas pembiayaan dari DBS yang berfokus pada kebutuhan perusahaan secara komprehensif.

Sementara itu, Group Head of Institutional Banking Bank DBS Tan Su Shan menjelaskan solusi pembiayaan perdagangan yang terstruktur tersebut ditujukan untuk memberikan TPIA kemampuan untuk mencapai, skala, dan mendiversifikasi akses ke pembiayaan kompetitif.

Atas dasar hal tersebut, Tan berharap agar dapat terus menjalin kersa sama dengan TPIA dan membantu lebih banyak perusahaan Indonesia agar berkembang dan tumbuh mendunia.

"Berbeda dengan fasilitas perdagangan biasanya, struktur fasilitas yang diberikan kepada Chandra Asri ini secara unik mengintegrasikan kombinasi dari produk perdagangan untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan," tandasnya.

Selain pinjaman yang diperoleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!