Pengusaha Senior Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia yang Pernah jadi Supir Angkot
Konglomerat Prajogo Pangestu. (Foto- Istimewa)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – Pengusaha Prajogo Pangestu merupakan orang terkaya nomor tiga di Indonesia setelah Robert Hartono dan Bambang Hartono.

Bloomberg Billionaires Index (per Selasa, 9 Februari 2021) mencatat total kekayaan Prajogo adalah USD7,53 miliar atau setara dengan Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS).

Prajogo Pangestu Pengusaha PT Barito Pacific Tbk

Orang terkaya di dunia yang menempati urutan ke-349 ini disebut Bloomberg sebagai pendiri PT Barito Pacific Tbk yang merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia berbasis di Jakarta dan memiliki pembangkit listrik serta aset penghasil plastik.

Perlu diketahui, PT Barito pada tahun 2019 melaporkan pendapatan mencapai USD2,4 miliar. Adapun, divisi usaha Barito terdiri beberapa sub unit dengan anak usaha utama yakni Chandra Asri Petrochemical.

Menariknya, konglomerat yang kini berusia 76 tahun ini tidak lahir dan langsung kaya, namun pernah melakoni profesi sebagai sopir angkot.

Bisnis Prajogo cukup terkenal dan menggurita di Indonesia selama puluhan tahun. Lantas apabila uang Rp105,33 triliun tersebut dibelanjakan, dapat apa saja? Berikut beberapa analogi sederhananya.

Jika harga minyak dunia kini 60 dolar AS per barel dan Prajogo memiliki net worth USD7,53 miliar, maka minyak yang bisa dibeli adalah 125 juta barel minyak atau 19,75 juta kilo liter BBM.

Katakanlah konsumsi BBM orang se-Indonesia 75 juta kilo liter pertahun, maka uang Prajogo dapat untuk membeli BBM selama selama kurang lebih 3 bulan. Menarik bukan?

Kemudian apabila harga emas Antam tiap gramnya adalah Rp1 juta, maka total uang Prajogo Rp105,33 triliun dapat untuk membeli 105 ribu kilo emas murni atau 105 ton kilo emas.

Terakhir harta Prajogo dapat untuk membeli mobil Tesla paling mahal sebanyak 23 Ribu Unit. Mobil listrik Tesla seri paling mahal adalah P100D dengan harga Rp4,4 miliar. Jadi uang Rp105 triliun milik Prajogo dapat untuk membeli mobil Tesla lebih dari 23 ribu unit.

Selain kekayaan pengusaha senior Prajogo Pangestu, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!