Pandemi COVID-19 Membuat Wawan Juniarso Digugat Cerai oleh Istrinya
Wawan Juniarso (Instagram @wa2n_juniarso)

Bagikan:

KALIMANTAN UTARA – Nama Wawan Juniarso menjadi sorotan setelah dirinya digugat cerai oleh istrinya. Mantan drummer band Dewa 19 tersebut sudah menjalani rumah tangga selama 23 bersama Inge Indrawati.

Di luar urusan rumah tangga Wawan, mari kita bahas perjalanan karir salah satu pendiri grub band Dewa 19 tersebut. Pada tahun 1986, Wawan bersama Dhani, Erwin, dan Andra membentuk Dewa 19.

Rumah Wawan Juniarso Sering Dijadikan Basecamp Dewa 19

Menariknya, huruf “W” pada “Dewa” adalah akronim dari nama Wawan sendiri. Pada awal karir bermusiknya, rumah Wawan juga sering dijadikan basecamp oleh para personel band.

Bahkan, Wawan adalah orang yang merekomendasikan nama Ari Lasso untuk menjadi vokalis.

Lalu Di tahun 1988, Wawan memutuskan untuk hengkang dari Dewa 19 dan memilih bergabung dengan band Outsider. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh perbedaan pandangan musik pada diri Wawan dan Dewa 19.

Wawan merupakan pecinta genre musik rock, hal tersebut berbeda dengan Dewa 19 yang berakar dari pop dan mulai berubah menjadi jazz atas pengaruh dari Erwin.

Meskipun keluar dari Dewa 19, namun Wawan dipanggil untuk menghidupkan band kembali. Ketika itu Wawan turut mengajak Ari Lasso. Kembalinya Wawan membuat Dewa 19 tidak lagi terjerat pada satu jenis genre musik.

Dewa 19 adalah band Indonesia yang telah mengkombinasikan beberapa aliran musik di antaranya pop, rock, dan jazz dalam satu warna baru.

Lalu di tahun 1992, Dewa 19 meluncurkan album perdananya self-titled. Di luar dugaan, single berjudul ‘Kangen’ dan ‘Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi’ meledak dan laris manis di pasaran.

Pada album perdana tersebut, Wawan turut menciptakan lagu berjudul ‘Dewa & Si Mata Uang’ bersama Dhani dan Erwin. Lagu tersebut adalah satu-satunya lagu yang diciptakan Wawan bersama Dewa 19.

Selang dua tahun kemudian, Wawan memilih hengkang kembali. Pada waktu itu Dewa 19 sedang fokus menggarap album kedua mereka Format Masa Depan. Posisi Wawan lalu digantikan oleh dua additional yaitu Ronald Fristianto (drum) dan Rere Reza (Grassrock).

Lama menghilang dari sorotan, Wawan menjalani profesi di belakang layar. Dirinya sempat menjadi manager beberapa grup musik ternama tanah air di antaranya Netral, The Fly, penyanyi cilik Tegar, dan Indah Kusuma.

Bahkan Wawan bersama Alfas Hermansyah mendirikan perusahaannya sendiri yaitu PT Negri Diawan, yang merupakan label musik dan manajemen artis Indonesia.

Di luar dugaan, pandemi COVID-19 telah membuat kondisi perekonomian Wawan tidak stabil. Kabarnya hal tersebut yang menjadi pemicu dirinya digugat cerai oleh istrinya.

Selain kabar mengenai mantan drumer Dewa 19 Wawan Juniarso, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!